Saturday, January 08, 2011

Akuntansi Gaji

Kadang, biaya gaji untuk karyawan jumlahnya sangat besar bila dibandingkan dengan jenis biaya lain, apalagi jika perusahaan termasuk perusahaan besar yang mempekerjakan ribuan orang. Selain gaji, perusahaan biasanya juga memberikan berbagai tambahan seperti tunjangan kesehatan, tunjangan asuransi, uang transport, dan lain-lain.
Dengan begitu banyaknya karyawan yang harus diurusi, dan gaji dan tambahan-tambahan lain yang harus dihitung untuk setiap karyawan maka perlu kiranya dibentuk sebuah administrasi tersendiri untuk mengurusi penggajian karyawan ini, agar kesalahan dalam hal penghitungan bisa diminimalisir dan pengawasan terhadap penggajian ini dapat lebih mudah.

Akuntansi gaji bukan cuma pembayaran gaji atau upah saja tapi juga data pajak untuk setiap karyawan, serta data kinerja karyawan yang nantinya bisa saja mempengaruhi besarnya tunjangan atau bonus yang diberikan. Semakin bagus kinerja karyawan, maka semakin besar pula tunjangan atau bonus yang diberikan. Kinerja untuk karyawan bisa dinilai dari kehadiran dan kedisiplinan, hasil kerja karyawan, pencapaian target individu, dan kontribusi tiap individu terhadap perusahaan.

Seluruh penghasilan yang diterima karyawan adalah termasuk gaji, sedangkan pendapatan yang diterima perorangan yang bukan karyawan perusahaan bukan termasuk gaji tapi honor. Honor diberikan kepada seseorang yang memberikan jasa kepada perusahaan, contohnya dokter, akuntan, teknisi, dll.

Tiap perusahaan memiliki kebijakan sendiri-sendiri dalam memberikan gaji pada karyawannya, tapi secara umum untuk karyawan tetap diberikan tiap bulan, sedangkan karyawan harian diberikan tiap minggu atau tiap dua minggu.
Komponen penghitungan gaji tiap perusahaan pun berbeda-beda. Ada yang menggunakan komponen jam kerja, ada yang kalau tidak masuk dipotong gajinya, ada juga yang kalau tidak masuk yang dipotong cuma uang makannya saja, sedangkan gajinya utuh. Secara umum, komponen penghitungan gaji adalah gaji pokok ditambah (+) tunjangan-tunjangan, bonus, dan uang lembur, dikurangi (-) potongan-potongan.

Jurnal Akuntansi pencatatan gaji
- Pada saat pengakuan sebagai biaya
>> Biaya Gaji------ Rp 90.000.000
>>>>> Hutang Gaji------ Rp 90.000.000
*biasanya gaji dibayarkan awal bulan berikutnya, jadi pada akhir bulan kerja dibuat jurnal hutang gaji

- Pada saat Pembayaran gaji
>> Hutang Gaji--- Rp 90.000.000
>>>>> Gaji------------ Rp 75.000.000
>>>>> Pot. 1---------- Rp 10.000.000
>>>>> Pot. 2---------- Rp 5.000.000

4 comments:

jamali said...

minta dikirim akuntansi gaji dan upah yang lengkap

Sasha said...

thanks, bisa buat nyelesaiin tugas mat kul akntsi

sanji0ne said...

@jamali : yang lengkap bagaimana Pak? kalau ada pertanyaan bisa disampaikan kolom comment ini
thanks atas kunjungannya

sanji0ne said...

@sasha : alhamdulillah bisa berguna bagi orang lain

Post a Comment

silahkan beri pendapat atau pertanyaan

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons