Monday, October 17, 2011

Penjualan dan Pendapatan

Banyak orang yang belum tahu kalau Penjualan dan Pendapatan itu beda. Mereka menganggap jika penjualan itu sama dengan pendapatan. Padahal sebenarnya berbeda. Memang kalau diurutkan dari asalnya, berasal dari sumber yang sama, yaitu hasil dari produk atau jasa.

Kalau diteliti lebih lanjut, penjualan penggunaannya lebih luas dari pada pendapatan. Penjualan bisa digunakan untuk mencatat penjualan barang maupun jasa,tetapi umumnya dalam pencatatan di Laba rugi Penjualan digunakan untuk mencatat penjualan barang saja. Pendapatan hanya bisa digunakan untuk mencatat penjualan dalam bentuk jasa saja, atau penjualan yang tidak berkaitan langsung dengan kegiatan utama perusahaan dalam laporan Laba Rugi-nya.

Contohnya. Misalnya perusahaan A bergerak dibidang manufaktur yang membuat buku. Maka untuk mencatat penjualan bukunya tersebut mereka menggunakan account Penjualan.
Contoh lain. Misalkan perusahaan B bergerak dibidang jasa kontruksi, maka untuk mencatat ternyadinya pemberian jasa kepada customer, perusahaan menggunakan account pendapatan.

Jadi, secara ringkas dapat disimpulkan, account Penjualan digunakan untuk mencatat penjualan produk/barang. Sedangkan account Pendapatan digunakan untuk mencatat penjualan jasa.

4 comments:

Indahnya Belajar Akuntansi said...

Hai apa kabar Sanji,

Wah ngepasin banget, saya lagi nulis ttg pendapatan juga di blog tapi lum ada contohnya.
ehm bisa bantu coba di buat contohnya untuk pendapatan jasa konstruksi ya?
kalau sepengetahuanku ada 2 kan pencatatan nya menggunakan metode kontrak selesai dan metode prosentase penyelesaian.

terimaksih Sanji,
Tiyok

Pendapatan said...

begitu ya, jadi tahu sekarang.

Wendra_Alvinaldi said...

thankz infonya bro,,,

Wendra_Alvinaldi said...

thankz infonya bro,,,

Post a Comment

silahkan beri pendapat atau pertanyaan

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons